Selasa, 12 Agustus 2014

Khasiat Mengkudu Bagi Penderita Diabetes Melitus

khasiat mengkudu bagi penderita diabetes melitus
Sekitar 26 juta orang di Amerika Serikat atau sama dengan 8,3 persen dari populasi di sana hidup dengan penyakit diabetes melitus, menurut American Diabetes Association. Berbagai resep obat diabetes melitus dan perubahan gaya hidup telah diteliti untuk mengatasi diabetes dan mencegah komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, kebutaan dan kegagalan organ. Dalam pengobatan tradisional di Polinesia, buah mengkudu telah digunakan untuk mengobati diabetes, dan penelitian pada hewan laboratorium telah memverifikasi potensi noni untuk membantu penderita diabetes.

Identifikasi
Mengkudu (Morinda citrifolia) adalah tanaman asli daerah tropis di Samudra Pasifik. Daun dan buah mengkudu telah digunakan untuk tujuan pengobatan, meskipun jus dari buah mengkudu mungkin bentuk yang paling populer. Dalam penelitian laboratorium, mengkudu sedang dipelajari untuk sifat-sifatnya sebagai antioksidan dan penguat sistem kekebalan tubuh, serta untuk kemampuannya untuk melawan tumor dan mengobati diabetes.

Kontrol Gula Darah
Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Nigerian Quarterly Journal of Hospital Medicine" pada tahun 2008 menemukan bahwa jus mengkudu yang ditambahkan ke perawatan insulin lebih efektif dalam mengontrol gula darah pada tikus laboratorium. Sebuah tim di University of the West Indies mempelajari fermentasi jus noni pada tikus diabetes yang diinduksi yang diberi 2 ml / kg berat badan per jus setiap hari selama 20 hari. Kedua kelompok yang diobati dengan resep obat hipoglikemik glibenklamid menunjukkan penurunan yang signifikan dalam gula darah. Para peneliti menyimpulkan bahwa efek mungkin karena senyawa dalam mengkudu yang dikenal sebagai triterpen dan saponin. Hasilnya dipublikasikan dalam "Evidence Based Complementary and Alternative Medicine" pada bulan Oktober 2010.

Katarak
Kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh diabetes menyebabkan lensa mata Anda membengkak dan dapat menyebabkan masalah penglihatan yang mencakup katarak, kekeruhan lensa. Sebuah studi dari India yang diterbitkan pada Mei 2011 di jurnal "Food and Chemical Toxicology" mempelajari delapan tanaman yang berbeda termasuk mengkudu pada model opacity lensa di laboratorium. Ekstrak mengkudu menunjukkan paling potensial dari semua tanaman untuk menjaga lensa mata tetap jernih, dan bahkan menunjukkan toksisitas moderat untuk sel-sel kanker.

Kerusakan Hati
Diabetes dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kondisi hati, seperti penyakit hati berlemak, yang menyebabkan jaringan parut. Selain melihat efek mengkudu pada kadar gula darah, studi dari  the University of the West Indies yang diterbitkan pada tahun 2010 juga meneliti efek mengkudu pada liver tikus diabetes. Para peneliti menemukan bahwa tikus diabetes diobati dengan jus noni telah mengurangi degenerasi lemak dalam sel hati.

Penyembuhan Luka
Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan luka yang sulit untuk sembuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Journal of Wound Care" pada Februari 2007 melakukan penelitian untuk melihat apakah mengkudu memiliki efek pada penyembuhan luka pada tikus diabetes. Selain kontrol, kelompok hewan diberi 100 ml / kg berat badan jus mengkudu dalam air minum mereka selama 10 hari. Tikus-tikus diabetes yang diberikan jus mengkudu mengalami penurunan 73 persen di daerah luka, dan glukosa darah puasa pada tikus berkurang 29 persen.

Pertimbangan
Mengkudu tinggi akan kalium, jadi jika Anda memiliki penyakit ginjal dan sedang menjalani diet rendah kalium, Anda harus menghindari mengkudu. Meskipun penelitian menunjukkan perlindungan potensi hati pada penderita diabetes, ada juga beberapa laporan tentang kerusakan hati dari menggunakan mengkudu. Beberapa jus mengkudu juga dapat berisi tambahan gula, yang dapat mempengaruhi kadar glukosa darah Anda. Periksa dengan dokter Anda sebelum menambahkan jus mengkudu atau ekstraknya untuk diet Anda.

Sumber: http://www.livestrong.com/article/462799-noni-benefits-for-diabetes/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar